ITBADLA Hadir di RAKERDA, Membangun Peradaban Digital melalui Pelatihan Jurnalistik

Pelatihan Jurnalistik

Lamongan. Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan (ITBADLA) turut berpartisipasi dalam Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) dan Pelatihan Jurnalistik Praktis yang diselenggarakan oleh Majelis Pustaka, Informasi, dan Digitalisasi (MPID) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lamongan pada Ahad, 7 Juli 2024. Acara yang berlangsung di Aula Masjid Asy-Syifa’ RS Muhammadiyah Lamongan ini mengusung tema “Perlunya Big Data di Era Digitalisasi”.

Bupati Lamongan, Dr. Yuhronur Efendi, MBA, memberikan apresiasi tinggi kepada MPID PDM Lamongan atas inisiatifnya. Ia menekankan bahwa "pelatihan jurnalistik ini merupakan kesempatan berharga bagi peserta untuk mengasah keterampilan menulis dan memahami pentingnya teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari", (07/07/2024).

Hanin Kharisma P, S.Ds, perwakilan dari ITBADLA, menegaskan pentingnya kegiatan ini bagi kampus mereka. “Dengan mengikuti pelatihan ini, kami berharap dapat mengaplikasikan ilmu jurnalistik untuk mendukung kegiatan akademik dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di ITBADLA. Selain itu, kami ingin berkontribusi dalam penyebaran informasi digital yang akurat dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujar Hanin selaku Staff LEKSIKOM ITBADLA.

Pelatihan ini memberikan manfaat besar bagi ITBADLA, terutama dalam upaya mencetak jurnalis-jurnalis baru yang dapat menguatkan program kerja organisasi. Melalui peningkatan keterampilan jurnalistik, mahasiswa ITBADLA diharapkan mampu menyampaikan informasi secara efektif dan profesional, baik dalam lingkungan kampus maupun di masyarakat. 

Keahlian menulis yang diperoleh dari pelatihan ini juga akan mendukung kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, sejalan dengan visi dan misi ITBADLA.

Selain perwakilan dari ITBADLA, acara ini juga dihadiri oleh peserta dari MPID PDM, MPID PC, kontributor dan perwakilan dari Perguruan Pinggi serta sekolah menengah dan pondok pesantren di Lamongan. Kehadiran peserta yang beragam ini menunjukkan keseriusan dan antusiasme yang tinggi terhadap peningkatan keterampilan jurnalistik dan pemanfaatan teknologi digital.

Acara ini menghadirkan dua narasumber berpengalaman, Dr. Piet Hizbullah Khaidir, S.Ag, MA, selaku Sekretaris PDM Lamongan, dan Ahmad Santoso, M.Pd, editor Jawa Pos dan MPID PWM Jawa Timur. Mereka memberikan materi mengenai dasar-dasar jurnalistik, praktik penulisan, dan teknik-teknik jurnalistik yang efektif.

Drs. H. Shodikin, M.Pd, Ketua PDM Lamongan juga memberikan pandangannya, "Orang hidup itu menulis. Dari menulis bisa membantu menciptakan peradaban umat manusia yang baik. Peserta yang memiliki keseriusan dalam pelatihan jurnalistik, bisa ditindaklanjuti oleh MPID untuk dibuatkan pelatihan lebih lanjut," tambahnya.

Dengan kehadiran ITBADLA dalam acara ini, diharapkan terjalin sinergi antara institusi pendidikan dan organisasi Muhammadiyah dalam mengembangkan kompetensi di bidang jurnalistik dan teknologi digital. Hal ini akan membantu menciptakan peradaban yang lebih baik melalui penyebaran informasi yang bermanfaat dan dapat dipercaya.

Penulis : Halimatus Sa'diyah

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama