Membuat Situs Web untuk Mengembangkan UMKM

Membuat Situs Web untuk Mengembangkan UMKM 1

Situs Web adalah salah satu bagian penting ketika akan masuk ke pasar digital, yang mana selain memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan pemasaran, situs web juga akan memberikan dukungan masif dalam membangan branding bagi UMKM.

Selama ini, kebanyakan pelaku UMKM hanya memanfaatkan media sosial untuk membangun bisnis mereka, dan yang sedikit lebih maju akan memanfaatkan marketplace sebagai alat jual beli. Hal ini terjadi karena masih minimnya pengetahuan terkait branding yang kuat, serta cara dan alat pemasaran di era pasar digital.

Beberapa lainnya mungkin sudah mengetahui manfaat serta perlunya memiliki sebuah situs web, namun kebanyakan terbentur dengan perkiraan biaya untuk membangun situs serta perawatannya. Padahal semua itu bisa dilakukan hanya dengan modal yang sangat minim, dengan hanya mendaftarkan nama domain dan memanfaatkan layanan gratis.

Manfaatkan Layanan Blogger

Blogger adalah layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu. Ini dikembangkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut diselenggarakan oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain "blogspot.com" (Wikipedia, 26 Juni 2024).

Setiap orang yang memiliki akun email dari Google (Gmail), secara otomatis dapat menggunakan layanan Blogger. Pengguna hanya perlu mendaftar menggunakan email yang sudah dimiliki dan mulai membuat blog/situs web. Layanan ini gratis, dan nantinya alamat situs web adalah “namasitusweb.blogspot.com”.

Sampai disini sebenarnya proses membuat situs web untuk digunakan sebagai profile bisnis atau katalog sudah selesai dan bisa langsung mulai mengisi konten/produk sesuai konteks situs yang dibuat. Namun, situs tidak akan terlihat profesional karena masih menggunakan subdomain dari Blogger.

Solusinya adalah dengan membeli domain yang dibayar setiap tahunnya, dengan harga yang mungkin bisa berubah. Setelah membeli sebuah domain, nantinya alamat situs web adalah “namadomain.com”.

Sementara terkait tampilan situs, ada banyak pilihan template yang bisa digunakan secara gratis sesuai kategori situs yang dibangun. Baik itu sebuah portal informasi, katalog toko online, maupun lainnya.

Perkiraan Harga Domain

Harga domain sangat bervariasi, itu bergantung dengan ekstensi domain. Misalnya, untuk domain dengan ekstensi .com untuk saat ini mungkin berkisar antara 150-200 ribu pertahun. Berbeda dengan ekstensi .id yang mungkin berkisar antara 250-350 ribu pertahunnya.

Karena untuk menekan biaya, opsi domain murah yang bisa digunakan adalah domain dengan ekstensi .web.id yang merupakan domain Indonesia dengan status turunan (Top Level Domain Indonesia adalah .ID).

Domain .web.id rata-rata harganya berkisar antara 50-70 ribu pertahun. Mengeluarkan biaya kurang dari 100 ribu pertahun untuk membuat sebuah situs web yang akan digunakan sebagai profil usaha atau bisnis tentu tidak merugikan. Terlebih domain ini harganya cenderung stabil, yang mana harga perpanjangan tidak akan jauh berbeda dari harga beli.

Ilustrasi Harga Domain Indonesia

Domain Indonesia .ID berbeda dengan domain internasional seperti .com .net, yang mana domain Indonesia memiliki persyaratan ketika mendaftarkannya. Untuk Domain .web.id misalnya, ini membutuhkan scan kartu identitas sebagai syarat pendaftaran nama domain.

Manfaat Situs Web untuk UMKM

Selain berguna sebagai company profile, situs web juga bisa dijadikan sebagai katalog produk. Meskipun untuk proses jual beli nantinya akan menggunakan layanan marketplace yang cenderung lebih dipercaya konsumen.

Situs web dapat dimanfatakan untuk memperkuat branding serta alat marketing, tentunya untuk kasus ini perlu menguasai teknik copywriting yang baik. Dengan situs web, orang-orang akan lebih menemukan produk ketika melakukan pencarian pada mesin pencari. Tentu ini akan sangat berpengaruh pada penjulan, serta membuat orang-orang semakin mengenal produk yang dijual oleh suatu brand/merk.

Manfaat lain dari situs web untuk menunjang kelangsungan bisnis adalah meningkatkan kredibilitas yang membuat konsumen percaya karena toko atau produk yang dicari memiliki profil usaha yang jelas.

Sementara untuk domain, selain digunakan untuk melakukan custom domain pada layanan Blogger untuk membuat situs web terlihat profesional (karena tidak lagi menggunakan subdomain “namasitusweb.blogspot.com”) adalah bisa digunakan sebagai alamat email, sehingga tidak lagi menggunakan namasitusweb@gmail.com melainkan email profesional yaitu email@namasitus.web.id.

Terkait keputusan apakah memilih menggunakan ekstensi domain .COM atau ekstensi lainnya yang harganya lebih terjangkau, itu hanya sebuah pilihan yang bisa disesuaikan dengan modal yang tersedia. Namun, untuk domain dengan ekstensi .COM sampai saat ini masih menjadi pilihan utama yang lebih dipercaya konsumen.

Sementara sebagai opsi domain Indonesia juga tersedia untuk kelas komersil yaitu .CO.ID, sayangnya selain harganya yang cenderung mahal, pendaftaran domain juga membutuhkan persyaratan yang lumayan banyak. Atau mungkin bisa dikatakan persyaratannya kurang sesuai untuk UMKM.

Jika memang modal adalah masalah, maka mendaftarkan nama domain dengan harga yang paling terjangkau adalah pilihan yang bijak. Karena jika memang diperlukan, nantinya domain itu bisa diganti dengan nama domain yang baru.

Penulis : Slamet Bejo

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama