Kelompok 4 KKN 2023 Berpartisipasi dalam Kegiatan Bazar UMKM SD CANGGAH Se - Kecamatan Sarirejo Bersama Bapak Camat Sarirejo.

SD CANGGAH,-  Mahasiswa kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan (ITBADLA). Berkontribusi dalam kegiatan Usaha Mikro Kecil Menengah atau biasa yang sering disebut dengan UMKM. Hal ini merupakan bentuk nyata usah kreatif berbasis event yang berfokus pada kenaikan nilai pentingnya UMKM di Indonesia.

UMKM Merupakan suatu istilah yang umum dalam dunia ekonomi yang merujuk kepada usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dan sesuai dengan Undang-Undang  No. 20 tahun 2008.

UMKM juga dapat disimpulkan sebagai suatu usaha ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Dengan tujuan menumbuhkan dan juga mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan.


Seperti yang sedang terlihat pada Ahad ( 19/8) pukul 07.00 wib hingga selesai bazar UMKM se - Kecamatan Sarirejo. Kegiatan tersebut diadakan oleh camat Sarirejo yang mana kegiatan bazar UMKM adalah pertama kalinya ada. Manfaatnya untuk memajukan para pelaku usaha yang berada di lingkungan Kecamatan Sarirejo. Terlihat para pengisi stand bazar tersebut berasal dari 23 Lembaga yang tersebar di wilayah Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan. 

Kegiatan Bazar UMKM ini bertempat di Lapangan Dermolemahbang Sarirejo Lamongan. Turut ikut Serta di posisi Stand Nomor 01 adalah SDN CANGGAH yang di ikuti oleh seluruh Guru SDN canggah dan Mahasiswa KKN Kelompok 4 ITB Ahmad Dahlan Lamongan. 

Bazar tersebut juga dihadiri oleh Bapak Camat Sarirejo DEDDY DIAN ALI., SE., MM , OPD dan beberapa Muspika. Bazar tersebut dibuka oleh Camat Sarirejo dalam himbauannya Camat Sarirejo menyampaikan bahwa “UMKM di Kecamatan Sarirejo tetap bangkit dan memberikan poin tertinggi walaupun masih merintis dan dapat membawa UMKM di wilayah Sarirejo menuju ke tingkat Kabupaten” . 


Event bazar juga memberikan nilai positif kepada para pelaku UMKM untuk tetap terus meningkatkan kreativitas dan kinerjanya. Hal ini termasuk memasarkan produk unggulan masing-masing lembaga terkhusus SDN Canggah Sarirejo yang kali ini terlibat di dalamnya.

Bukan hanya itu Bazar UMKM ini walaupun di perjulabelikan kepada masyarakat tetapi camat Sarirejo juga memberikan penghargaan kepada UMKM terbaik di Kecamatan Sarirejo. Didalam Bazar ini setiap Stand Memasarkan Berbagai macam produk unggulan yang di punya. Selain itu menarik keinginan Ibu Camat turut serta meramaikan kegiatan tersebut dengan membeli produk yang berada disetiap stand. 
Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan menjadikan Sarirejo lebih maju. (Report_Faizin)     

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama