Pada Era Digital Mahasiswa KKN dari ITB tahun 2023, Bersama Masyarakat Desa Sidobogem-Lamongan Menyelenggarakan Pelatihan dan Pengelolaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sektor Kacang Hijau.

WARGA SIDOBOGEM,- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 7 Institut Teknologi dan Bisnsi Ahmad Dahlan Lamongan. Memberikan Sosialisasi ke Warga Sidobogem Mengenai Strategi Pemasaran Pada Era Digital, posisi UMKM dalam perokonomian Nasional memiliki peran penting dan strategis dalam membantu perekonomian masyarakat. Penting bagi Pemerintah juga untuk terus mendukung UMKM melalui penguatan sehingga peran mereka sebagai pilar dalam membangun ekonomi bangsa dapat berjalan optimal.

Seperti yang sedang dilaksanakan Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Lamongan  pada hari Sabtu (26/08/2023) pada pukul 11.00 WIB hingga selesai sosialisasi Ke Warga Sidobogem Mengenai Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Juga tidak berhenti di strategi marketing mahasiswa melakukan pelatihan Olahan Kacang Hijau untuk nantinya mampu menembus marketing digital. 

Kegiatan tersebut dilakukan di Kantor Balaidesa Sidobogem Kec. Sugio Kab. Lamongan untuk mengajak para petani memanfaatkan hasil panen kacang hijaunya diolah menjadi sebuah produk yang unggul dan diminati oleh banyak para konsumen. Olahan Kacang hijau menjadi sari kacang hijau produk tersebu diberi nama (SAKAHIJA). 

SAKAHIJA sendiri memiliki kepanjangan Sari Kacang Hijau Jahe, yang memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan, menurunkan kadar kolestrol, mencegah diabetes, mencegah heat stroke, melindungi kesehatan janin dan mencegah radikal bebas.

Saat Sosialisasi bukan hanya diberikan materi saja yang disampaikan oleh Ibu Irma Indira, S.Ak., M.Ak yang dimana beliau adalah salah satu dosen Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan dan selaku Dosen Pembimbing 1 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 7, pada akhir penyampaian materi ada sesi tanya jawab dan pemateri memberikan doorprize bagi yang bisa menjawab pertanyaan sebagai apresiasi. 

Menurut Mas Rio salah satu mahasiswa menjelaskan "Kami juga memberikan pelatihan cara mengolah sari kacang hijau jahe (SAKAHIJA) dan packing produk tersebut hingga siap dipasarkan, ada kebanggaan tersendiri bagi warga sidobogem karena sangat berantusias dalam mengikuti sosialisasi tersebut. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama