BEM ITBADLA: Pentingnya LKMM-TD Bagi Mahasiswa

ilustrasi saat kegiatan LKMM-TD

Hari Sabtu-Minggu, tepatnya pada tanggal 11-12 Mei 2024, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan (ITBADLA) telah sukses menyelenggarakan acara Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) dengan tema "Menyusun Pondasi Kritis Membangun Pemikiran Yang Analitis".

Zahruddin Fanani selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa latar belakang tema tersebut diharapkan mahasiswa menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar sehingga dari kepekaan tersebut, mahasiswa mampu memberikan solusi untuk kemajuan dan kebaikan lingkungan sekitar, khususnya lingkungan kampus yang tentunya dengan menggunakan pemikiran yang kritis dan analitis. saat di wawancarai di ITBADLAKamis (14/0524)

LKMM-TD merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan manajerial organisasi ke mahasiswa yang aktif mengikuti organisasi maupun tidak. Selain itu, LKMMTD ini juga berguna dalam membangun karakter mahasiswa, yang dapat diaplikasikan dikehidupan sehari – hari, baik itu dalam organisasi maupun dunia kerja kedepanya.

Hani Azzuri Maharani selaku Presiden Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Lamongan juga menuturkan, "Tujuan diadakannya LKMM-TD ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan keterampilan dasar dalam berkomunikasi, mengenal potensi diri, mengembangkan sifat kritis dan memposisikan diri secara efektif dalam organisasi kemahasiswaan. Namun juga diharapkan para peserta yang telah mengikuti kegiatan LKMM-TD ini dapat mengikuti LKMM tingkat menengah dan tingkat lanjut", tuturnya di ITBADLA, Kamis (14/0524)

Dalam kegiatan tersebut diikuti 48 peserta yang merupakan mahasiswa ITB Ahmad Dahlan lamongan, mereka menerima beberapa materi yaitu tentang Gerakan Mahasiswa, Administrasi Kesekretariatan, Administrasi Keuangan, Analisis Kondisi Lingkungan dan terdapat beberapa materi lainnya yang juga tidak kalah pentingnya. Tidak hanya penyampaian materi namun dari panitia kegiatan tersebut juga mengajak peserta untuk berinteraksi dengan ice breaking yang seru, sehingga peserta tidak merasa bosan ketika monoton hanya menerima materi dan berdiskusi.

Eka Widya Wati,  selaku peserta yang juga merupakan anggota dari Himpunan Mahaiswa Bisnis Digital (HIMADIG) memberikan kesan, " selama kegiatan 2 hari kemarin, senang dan juga seru karena aku bisa belajar buat lebih percaya diri untuk berbicara didepan, secara tidak langsung menerima banyak pelajaran sosial dan alasan pengen ikut LKMM-TD karena aku senang berada di forum-forum untuk berdiskusi. Akhirnya setelah mengikuti kegiatan tersebut selain ilmu aku jugs mendapatnya beberapa motivasi dan akhirnya aku  lebih semangat  mengembangkan pengetahuanku tentang manajemen berorganisasi yang nantinya bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun organisasi", begitu tuturnya.

Jadi, kegiatan LKMM-TD merupakan kegiatan yang penting dan sebenarnya wajib di ikuti oleh kalangan mahasiswa, karena dengan mengikuti kegiatan tersebut mahasiswa dapat melatih skill maupun ketrampilan dalam memanajemen organisasi dan wawasan ilmu yang bermanfaat dan berguna untuk kehidupan sehari-hari maupun dapat diimplementasikan untuk belajar dan mengembangkan organisasi.

Penulis : Anggraeni Sovi Maria S.



#itbadla #bemitbadla #lkmm-td #bemindonesia

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama