Pemberdayaan Masyarakat : Pelatihan Petani NATA DE COCO dengan tema “Olah Limbah menjadi berkah, dari limbah menjadi rupiah” Oleh Mahasiswa KKN KELOMPOK 10 Di Desa Sidomukti Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan.

Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) KELOMPOK 10 ITB Ahmad Dahlan Lamongan, Mempunyai program kerja bidang kewirausahaan yang di wujudkan dalam program pemberdaayaan masyarakat "Pelatihan Petani NATA DE COCO".

Acara di awali dengan memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar mengenai mengolah limbah air kelapa yang biasanya dibuang begitu saja menjadi NATA DE COCO yang bernilai jual tinggi serta banyak peminat di pasaran saat ini.

Setelah diberi edukasi masyarakat sekiat langsung di ajak praktek bagaimana membuat NATA DE COCO dari proses awal hingga menjadi NATA DE COCO yang layak dijual dipasaran dan dikonsumsi oleh banyak orang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari minggu 27 agustus 2023 yang bertempat di balai Desa Sidomukti Kecamatan Kembangbahu kabupaten Lamongan.

Dengan sasaran peserta dari kalangan ibu-ibu PKK, Karang taruna dan juga warga umum yang berminat dalam pelatihan ini.

M Thoriq Hersono, Salah satu dari anggota KKN Kelompok 10 dan juga selaku pemateri.

Dalam kegiatan ini menjelaskan tujuan dari pelatihan ini guna memberdayakan masyarakat dan memberikan bekal soft skill yang dapat diaplikasikan sebagai peluang bisnis yang tak pernah redup.

Pelatihan pembuatan NATA DE COCO ini menggunakan sejumlah bahan yang dapat dengan mudah ditemukan diantaranya adalah air kelapa, gula, urea/amonium sulfat, asam cuka, dan bibit.

Pasca 5-7 hari, campuran bahan tersebut akan berubah menjadi padatan dengan tekstur kenyal seperti halnya jeli.

Setelah pelatihan ini selesai, narasumber atau pemateri juga siap memberikan arahan lanjutan jika ada masyarakat yang ingin menekuni pembuatan NATA DE COCO mulai dari penyediaan bahan, proses pembuatan dan jika ingin menjadikan sebagai lahan bisnis maka narasumber juga siap memberi arahan ke supplier atau pasar NATA DE COCO.

Sehingga Pelatihan ini bukan hanya sekedar pelatihan yang nantinya tidak ada output yang bermanfaat.  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama