" Workshop Digital Marketing dan Labeling bagi Pelaku Industri Rumah Tangga Desa Ngujungrejo "

Gambar 1. Foto Bersama dengan Peserta Workshop

Proses digitalisasi dari waktu ke waktu telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Proses tersebut telah menciptakan banyak perubahan dan kemudahan.

Namun, di era proses digitalisasi, berbagai inovasi berbasis teknologi terus dikembangkan sehingga dapat membantu penggunanya dalam menyelesaikan aktivitas sehari-hari.

Pemanfaatan digitalisasi di Indonesia sudah dapat dirasakan oleh semua ragam masyakarat. 

Menurut penelitian Digital 2020 yang dilaksanakan oleh HootSuite dan We Are Social, Indonesia memiliki 175,4 juta pengguna internet per Januari 2020.

Oleh karena itu, kelompok 03 KKN ITBAD Lamongan 2023 telah melaksanakan kegiatan pembuatan krupuk ikan mujair bersama Ibu Asmaiyah mengadakan Workshop Pengolahan dan Manajemen Pemasaran dengan Tema " Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Usaha Rumahan dan Labeling ".

Diketahui bersama Desa Ngujungrejo termasuk memiliki potensi besar dalam bidang perikanan yang dapat dikembangkan menjadi salah satu keunggulan dari kota Lamongan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan inovasi, promosi dan kreasi pada pelaku industri rumah tangga untuk mengelola kekayaan yang dimiliki agar dapat bersaing di pasar global. 

Melalui Workshop Digital Marketing ini kami tingkatkan pengetahuan pelaku industri rumah tangga dengan potensi yang dimiliki Desa Ngujungrejo.

Adanya Workshop Digital Marketing ini juga menjadi salah satu upaya pembinaan yang dilakukan kepada pelaku industri rumah tangga yang selaras untuk mendukung bangkitnya UMKM di Kota Lamongan termasuk di bidang makanan.

Workshop diawali dengan membahas tentang manajemen sosial media, labeling produk, proses dan cara untuk pengurusan p-irt maupun sertifikat halal.

Pada sesi ini seluruh peserta diperkenalkan dengan strategi mengelola media sosial dan menjalankan strategi tersebut sesuai dengan audience personal yang telah ditentukan. 

Setelah pemaparan materi, seluruh peserta juga aktif bertanya mengenai hasil yang kami presentasikan.

Gambar 2. Foto Bersama dengan Ibu-Ibu Arisan yang Aktif Bertanya Pada Kegiatan Workshop dan sekaligus pemberian hadiah sebagai tanda apresiasi dari mahasiswa KKN

Selain pemberian materi labeling kami juga memberikan contoh packaging produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Gambar 3. Kemasan yang Sudah di Upgrade

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama